Kanagawa Institute of Technology KAIT Workshop - Junga Ishigami

Leave a Comment
Perjalanan melihat karya Junga Ishigami sebagai arsitek muda Jepang yang baru-baru ini lagi terkenal memang sangat mengispirasi.
Bila kita perhatikan denah, terlihat  posisi kolom didesign secara acak seperti pola pohon yang berkembang alami. Menariknya kolom ini dibuat setipis mungkin dan sengaja mengelilingi ruang kosong untuk beberapa kegiatan. Elemen titik dari kolom disini didesign saling merapat dan berkesan menjadi suatu elemen garis yang membatasi dan mengelilingi beberapa ruang

Sayangnya karena kegiatan workshop yang sangat acak  dan tidak mengikuti ruang yang telah disediakan, efek ruang kosong yang ditimbulkan menjadi kurang terasa. Banyak karya yang besar yang dibuat oleh mahasiswa di gantung di ceilingnya dan ditaruh dimana-mana malah memperparah efek ruang. Memang susah antara fungsi dari workshop yang menjadikan sebagai gudang dan tempat praktek yang tidak punya posisi jelas dalam melakukan kegiatannya berkompromi dengan konsep awal dari arsiteknya.





Yang saya rasakan ketika masuk di ruang ini hanya melihat kolom yang disusun acak dan tidak merasakan ruang yang ditimbulkannya. Mungkin dikarenakan kolomnya kurang banyak dan jarak kolom dengan kolom ini belum cukup rapat sehingga bener-benar terlihat sebagai pembatas .

Saya sejenak berpikir bila  ruang ini difungsikan sebagai museum atau galery mungkin lebih sesuai mengikuti ide awalnya. Ketika objek yang ditampilkan hanya ditaruh di pusat ruang kosong tersebut, efek ruang ini bisa lebih terasa dan pengunjung akan lebih menghargai dan menikmati kolom-kolom yang disusun acak ini. Meskipun begitu idenya memang bagus yang tidak memposisikan kolom seperti bangunan umumnya. Tidak heran Junga Ishigami sebagai salah satu arsitek yang berbakat Jepang.


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment