Mengubah apartemen yang kecil menjadi lebih spacious

Leave a Comment
    Fenomena membeli hunian kecil sudah mulai menjadi hal yang umum di kota besar, terlebih dengan harga properti di kota besar yang sudah dibilang tidak wajar bila dibandingkan dengan penghasilan seorang pegawai. Sudah menjadi tren di kota besar, banyak pasangan muda lebih tertarik mencari apartemen yang luasan 20-45 m2 yang berlokasi di pusat kota karena dekat dengan pusat aktivitas dan tidak mau terkena macet.

Dengan rela dikotakkan dengan luas yang sempit, apartemen yang disebut shoe box ini laris manis di pasaran dengan harga masih terjangkau bagi pasangan muda. Bisa dibayangkan sempitnya unit apartment ini yang sebenarnya tipe studio tapi dipaksakan  menjadi tipe 2 kamar. Sudah bisa dibayangkan untuk menaruh furniture yang di beli dipasaran saja sudah membuat ruangan tambah penuh sesak dan sempit. Tapi jangan kuatir banyak cara mendesign dengan smart untuk menaruh perabot supaya terlihat lebih lega.

Salah satunya adalah menaruh semua kebutuhan kegiatan anda dalam satu lemari yang tampak seperti dinding seperti contoh urban apartemen dibawah ini

urban apartemen di puri indah oleh atelier daun arsitek

urban apartemen di puri indah oleh atelier daun arsitek

Di urban apartement ini terlihat lebih spacious dikarenakan semua peralatan dimasukkan dalam satu lemari seperti dinding. Aktivitas dari memasak, gudang, ruang baca, cuci baju dimasukkan dalam satu dinding lemari ini.. Terlihat mesin cuci digabung dengan dapur, dengan di sebelahnya tempat lemari buku, pajangan, tempat sepatu dan gudang. Supaya terlihat lebih urban dan playful raknya di apartemen ini dibuat seperti jendela rumah yang lancip dan dapurnya  memakai keramik berpola.

Perabot dan peralatan rumah tangga memiliki bentuk dan warna yang berbeda, bila anda tidak mengatur dimana anda meletakkannya, anda akan membuat apartemen kecil menjadi berkesan berantakan, sempit dan penuh warna yang tidak berkesinambungan. Ada baiknya bila anda ingin mengexpose beberapa peralatan seperti mesin cuci, oven, kulkas, atau peralatan dapur lainnya, anda mengseleksi warnanya untuk bisa senada dengan warna interior yang anda mau. 

Supaya lebih lega, anda juga bisa memilih warna perabot dan ruangan dengan warna tidak didominasi warna gelap (lebih banyak warna terang). Selain membuat lebih clean, bersih, modern anda juga bisa mengirit biaya listrik lampu karena warna terang lebih mudah memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan menjadi lebih terang.

Supaya tampak smart dan tidak penuh, carilah perabotan yang bisa multifungsi dan bisa dilipat  yang ada di pasaran. 

wall bed dimana kasur bisa dilipat ke lemari dinding dan menjadi meja belajar (nooroofs architects - apartemen di new york)
Lemari yang berfungsi sebagai meja belajar

Bila anda punya budget berlebih anda bisa membongkar partisi pemisah ruangan anda dan digantikan dengan dinding lemari multifungsi yang bisa digeser dan berfungsi sebagai penyekat ruangan seperti yang dilakukan PKMN arsitek dibawah ini dari Madrid, Spain. Serunya apartemen ini dikarenakan ruangan yang terjadi bisa menjadi banyak fungsi dikarenakan semua perabotnya dimasukkan dalam lemari yang bergerak ini. Lihat saja contohnya dibawah ini, dengan melipat pintu lemari k ebawah, pintu penutup lemari bisa menjadi meja makan atau masak. Disini terlihat ranjang pun dilipat ke lemarinya dan semua lemarinya bisa digeser sampai ujung supaya ruangan menjadi kosong dan lega


Banyak jalan untuk menyiasati apartemen kecil menjadi enak dan spacious, tinggal bagaimana anda mengatur dan mendesignnya, selamat berexplorasi.



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment