Newtown, suburb di Sydney bergaya hipster

Leave a Comment
Newtown salah satu suburb yang menarik untuk dikunjungi bila anda sedang travel ke Sydney. Daerah ini memiliki semangat anak muda yang aktif dengan segudang kegiatan.
Letaknya di suburb bagian barat Sydney yang hanya berjarak 4 km dari pusat kotanya bisa ditempuh hanya sekitar 10 menit dari central station di pusat kota ke arah Newtown station.

Toko-toko sepanjang King st (sumber: newtown.precinct.com)

Dikarenakan dekat dengan Universitas Sydney, banyak pelajar internasional dan lokal tinggal di daerah ini. Demografi penduduknya yang masih muda dan aktif bisa terlihat di Sepanjang jalan king street dan Enmore road. Banyak anak muda nongkrong dan berjalan dengan pakaian hypie di sepanjang jalan ini, bahkan mereka suka melakukan performance music, tari dan berjualan barang aksesoris di dekat stationnya atau di depan bangunan councilnya. Kadang-kadang banyak anak muda yang juga aktivis lingkungan dan politik melakukan kampanyenya di tempat yang sama dan juga banyak slogan dan brosur yang ditempel sepanjang jalannya. Karena banyaknya komunitas yang unik di Newtown ini, bahkan ada writer dan photographer bernama Jo Wallace mengabadikan dengan membuat satu buku berjudul humans of newtown tentang portrait photography dari komunitas ini.


Penyeberangan ke arah Newtown station

Toko di sepanjang Enmore road




Aktifnya jalan ini juga didominasi berbagai macam kegiatan komersial dari café, restaurant dari banyak negara (India, Thailand, Jepang, Italia, Greek, Turki, OZ, Amerika) pub hotel (bangunan kombinasi antara Hotel dilantai atas dan tempat minum-minum berakohol sambil bersosialisasi di lantai bawahnya), convenient store, bioskop, teater yang mempertunjukan artis lokal, toko buku bekas, toko baju, toko aksesoris, saloon, toko aktivis dan keagamaan, dan juga tempat mengumpulkan sumbangan dari lembaga  social seperti red cross dan salvation army.

cafe latin



 Toko yang menjual asecoris dari Mexico (kiri) 
dan tempat pencarian dana dan berkumpulnya para aktivis (kanan)


Dengan gaya Hypie yang lagi tren saat ini, toko-tokonya banyak menjual baju-baju dan asesoris vintage yang lucu-lucu dan menarik, coffee café gaya hypie yang juga lagi tren saat ini yang menyajikan kue-kue yang menarik dan berbagai jenis jenis kopi. Beberapa toko juga menjual bahan-bahan produksi lokal yang organic yang ditanam di lingkungan Newtown sendiri.





Bila anda berkunjung disini baiknya anda berkunjung pada hari sabtu pagi karena adanya morning market di depan bangunan council persis depan Newtown station yang menjual barang-barang vintage dengan harga miring. Setelah melihat market ini, anda bisa mengunjungi satu café bernama Blackstar pastry yang di design gaya hypie di belakang bangunan council dan cobalah strawberry cakenya. Banyak orang mengantri demi mendapatkan satu kue special ini, tapi tidak ada salahnya bila anda mencoba kue yang lain. Bila anda selesai memesan cobalah duduk dengan santai di depan tokonya  dengan bangku meja hanya dari kayu-kayu sisa yang disusun dan di cat warna seakan-akan anda juga seorang Hypster.

Sebelum anda menjelajah lebih jauh daerah ini, ada baiknya anda masuk ke salah satu tokonya dan mengambil peta lokasi berbagai toko unik di Newtown yang tersedia di counter depannya. Menariknya petanya disajikan dalam brosur bergambar yang menarik dan informatif.




Bila anda menjelajah lebih detail sepanjang jalannya, anda akan menemukan banyak karya grafiti dilukis di tembok gang-gangnya yang dikontribusi oleh artis lokal. Contohnya the martin Luther King Mural yang dilukis di tembok setinggi 3 lantai oleh Juilee Pryor, Andrew Aitken dan member lainnya dari Unmitigated Audacity Productions di tahun 1991. Bahkan artis-artis ini mempunyai akun di Media social seperti facebook dan Instagram untuk memamerkan karyanya. Baru-baru ini juga ada artis bernama Nico dengan instagramnya nico_nicoson dengan 7000 followers melukis dengan gaya grafis patern-patern alam dan binatang yang modern.  







Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment