Menyimak bisnis online arsitek saat ini

Leave a Comment
Siapa yang tidak familiar dengan layanan gojek, uber, tokopedia, lazada, alibaba? di era internet ini semua layanan bisa kita dapatkan dengan hanya membrowsingnya di um google. Ketika semua bisnis merambat ke dunia online termasuk bidang profesi, layanan bisnis jasa konstruksi beserta profesional yang terlibat didalamnya sudah banyak ikut bersaing memasarkan layanannya secara online. Layanan arsitek juga termasuk dalam layanan jasa konstruksi yang akan dibahas disini



Memang tidak salah bukan, bersaing dalam merebutkan customer dalam dunia bisnis profesi online dengan memasarkan webnya. Yang sangat disesali dalam dunia arsitektur  online ini tidak ada aturan yang jelas tentang ijin keprofesian dalam memasarkan iklannya. Siapa saja sepertinya bisa membuat jasa arsitek online dengan berbekal kemampuan yang minim ataupun hanya melihat literatur belaka. Mungkin saja yang buat jasa tersebut bukan dari profesional arsitek atau hanya orang awam saja.

Terus apa yang terjadi di dunia arsitektur online ini? tentunya kesalah pahaman tentang standar fee dari arsitek sendiri. Kenapa begitu? sudah banyak web-web di internet yang menawarkan jasa design online dibawah rata-rata tarif yang distandarisasi oleh Ikatan Arsitek Indonesia sendiri (IAI).

Terus masalahnya kenapa kan sah saja namanya juga usaha? Masalahnya begini, ketika harga yang dicantumkan seperti paket murah mendesign dari denah, tampak, potongan, 3d beserta RAB (rencana anggaran biaya) sudah dipatok seharga 10 ribu-20 ribu per m2 bahkan ada praktek design n built yang mau menggratiskan gambar designnya, terjadilah disini kesalahpahaman, orang awam mengira jasa arsitek itu sangat murah di pasaran. Terlebih jasa arsitek hanya dianggap sebagai tukang gambar saja.

Dengan harga murah dan demi mendapatkan pembayaran yang cepat, tentu kualitas design arsitektur dan persyaratan dari kode-kode bangunan sesuai aturan  sudah tidak terpenuhi atau diragukan. Untuk mempelajari design dan peraturan bangunan saja, arsitek menekuni pendidikan S1nya seperti halnya profesi pengacara ataupun dokter, itupun belum bisa dibilang arsitek sebelum mereka mendapatkan ijin untuk membangun atau SIBP (Surat ijin Bekerja Perencana). Pertanyaannya apakah ada layanan jasa arsitek online memberikan no SIBPnya?

Dalam satu sisi memang ada keunggulan dalam hal kecepatan dan waktu. Seperti halnya layanan gojek atau tokopedia dimana transaksi masuk, jasa dan barang akan dilaksanakan langsung atau barang akan dikirim, layanan jasa arsitek ini mengikuti prinsip ini.  Layanan jasa design online ini juga ada bermacam-macam.

Yang pertama adalah tipe konvensional online dimana jasa mereka seperti biro arsitek pada umumnya yang menganalisa keinginan anda dan menggambarkan sesuai keinginan anda. Bedanya kecepatannya lebih cepat dikarenakan anda tidak perlu sering bertemu, hanya dengan mengirimkan informasi tanah dan keinginan anda dalam membuat rumah yang disampaikan dalam web mereka, anda akan langsung dapat tanggapannya secara email dengan cepat. Selanjutnya bila anda setuju dengan fee yang mereka minta, anda akan mendapatkan paket gambar tersebut dengan waktu yang diberikan tanpa perlu bertemu dan berkomunikasi dengan arsiteknya secara online juga.

 Range harga online ini sangat bervariatif tergantung jenis pekerjaan dan luasan bangunan yang anda ingin design. Bila anda ingin bertemu dengan mereka akan ada fee tambahan untuk konsultasi. Bila anda ingin memilih jenis layanan ini, ada baiknya anda mengetahui latar belakang dari arsiteknya dan produk yang dihasilkannya. Banyak dari pembuat situs web online ini adalah anak muda yang baru lulus dari jurusan s1 arsitektur, STM drafting arsitektur  tanpa punya atau sedikit pengalaman berarsitektur.

Tipe kedua adalah tipe jual data arsitektur online. Tipe ini memberikan jasa arsitek tapi tidak mendesign. Maksudnya begini, mereka ini hanya mengumpulkan bahan referensi dari denah, tampak, potongan, dan juga 3d di internet dari tipe-tipe kavling rumah yang sudah standar di pasaran. Dikarenakan menjual begitu saja design yang sudah ada dan dipublikasikan adalah ilegal, mereka bekerjasama dengan nitizen yang terlibat profesi jasa konstruksi. Siapa saja bisa mengupload design mereka di web ini, dan andalah yang tinggal memilih mana yang sesuai dengan anda. Bila anda membayar designnya, tentu saja designer aslinya akan mendapatkan fee juga.

Kelemahan sistim ini adalah anda sangat susah mendapatkan design yang bagus, bermutu atau sesuai keinginan anda dan bisa saja design yang anda beli sama dengan tetangga anda. Designer handal tentu saja tidak mau memberikan designnya dijual secara murah dan diproduksi massal. Selain itu bisa saja anda mendapatkan gambar yang tidak saling berkesinambungan atau design yang hanya contekan dengan modifikasi sedikit dari design arsitek terkenal.

Tipe ketiga adalah tipe all in one atau semua ada. Tipe ini sebenarnya kerjasama antara kontraktor, suplier dan arsitek, tapi yang ada di pasaran sekarang ini kebanyakan dipunyai oleh kontraktor bangunan. Dengan servisnya memberikan design gratis dan paket murah dalam membuat interior atau arsitektur, tentu membuat anda tertarik menghubunginya. Sayangnya anda juga tidak akan mendapatkan kualitas design yang bagus di jasa online tipe ini dikarenakan kontraktor tidak mengetahui soal design. Mereka hanya tahu bagaimana membangun yang kokoh dan mendapatkan keuntungan yang besar dari membangunnya. Mereka tidak mau lama-lama bicara design dikarenakan tidak ada untungnya buat mereka. Bersiap-siap saja bila ada penambahan biaya di kemudian hari dikarenakan tidak ada gambar lengkap dalam detail konstruksinya.

Yang perlu diingat, untuk mendapatkan design yang bermutu dan sesuai dengan yang anda inginkan diperlukan komunikasi lebih dekat dan intensif antara  arsitek dan client. Proses ini bisa berlangsung lama bahkan sampai tahapan konstruksi, inilah yang membuat sistim online arsitek tidak bisa sama dengan bisnis online yang lain, design arsitektur tidak bisa seperti layanan gojek, tokopedia, uber dimana sekali transaksi online barang atau layanan segera diantar lalu selesai semua.

Bila anda berminat memakai jasa online arsitek atau interior, lebih baik anda mengetahui tipe-tipe servis yang ada di pasaran dan menyeleksi layanan dari latar belakangnya dan produk yang dihasilkannya, kalau perlu teleponlah dan tanyalah lebih detail sehingga anda dengan tenang memakainya untuk bisa mendapatkan design yang bermutu.







Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment